Breaking News
Loading...
Sabtu, 29 Juni 2013

Tips Memproteksi Komputer

22.35


Bila anda menginginkan PC atau beberapa program atau dokumen anda yang tersimpan di dalam komputer tidak ingin di akses oleh orang lain , Maka berikut ini adalah beberapa cara untuk memproteksi PC dan Program yang ada di dalam komputer anda.

 Proteksi dengan Password Booting
          Dengan cara ini maka setiap menghidupkan komputer dan sebelum loading ke windows / OS, kita di minta memasukan password, cara ini di buat melalui setting BIOS , Caranya: yang pertama adalah anda harus masuk ke menu BIOS umumnya PC dengan cara menekan , Tombol “Delete”, atau tombol “F2?, atau tombol “F1? , pada saat komputer di hidupkan (Booting), ketiga tombol itu yang umumnya ada pada komputer, atau pada saat Booting akan tampak tulisan “Press Del to Setup”, “Press F! to Setup”, “Press F2 to Setup”, anda bisa menekan terus menerus tombol itu saat Booting.
        Setelah anda masuk kedalam menu BIOS akan nampak menu “Set User Password”. arahkan panah pada keyboard pada menu ini à enterà lalu isikan Password anda ( menu “Set Supervisor Password” adalah untuk memberi Password pada saat mau masuk ke menu BIOS) , lalu arahkan panah keyboard pada menu “Save Setting and Exit” , pilih Option “Y” bila di minta konfirmasi.
 Sebaiknya anda jangan sampai lupa Password yang telah anda buat dengan cara ini, karena bila anda lupa satu-satunya cara adalah dengan membongkar chasing CPU anda dan di reset Jumper Clear CMOS nya, atau di cabut baterai CMOS nya pada Mainboard.
 Proteksi dengan Password Account Saat Login windows (Untuk Win 2000 keatas)
        Yaitu kita di minta memasukan password saat akan login ke program windows, Cara ini saya rasa sudah banyak yang tau caranya. tapi okelah, tak ada salahnya kita bahas. salah satu caranya yaitu:
       Klik Start àSetting àControl panel àAdministrative Tools àComputer ManagementàLocal Users and GroupsàUsersàPada jendela kanan pilih account login anda (defaultnya Administrator) àlalu klik-kanan pada account yang anda pilihàset PasswordàProceedàmasukan Password àOkà selesaià Restart PC anda.
Memproteksi File atau Dokumen kita
1. Menyembunyikan file dan folder
        Cara ini adalah dengan cara membuat Hidden file atau folder kita dengan cara pada file atau folder yang kita pilihàklik-kananàPropertiesàBeri centang pada hidden, maka file atau folder kita akan hidden alias tak nampak, tapi bila hanya ini yang kita lakukan, sudah banyak sekali orang yang mengetahui cara ini, tinggal membuka menu Tools pada explorer Toolsàfolder optionsàViewàpindah kan centang pada “Show hidden files and folders” àmaka folder atau file yang kita hidden tadi akan nampak…maka agar lebih aman kita hilangkan saja tab “folder options” pada menu Tools tersebut, caranya  Klik Startà Runà ketik “regedit”à Enterà pada jendela registry editor klik tab HKEY_CURRENT_USERàSoftware\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Exploreràpada jendela sebelah kanan klik-kanan di tempat kosongàNewàDWORD Valueàberi nama value ini dengan “NoFolderOptions” lalu–>Dobel klik NoFolderOptionsàisi value data dengan “1? (defaultnya “0?), selesai tutup registry editor, maka menu Folder options akan hilang.
 Untuk memunculkan folder option kembali, caranya:
 Klik SatrtàRunàketik “gpedit.msc”àpada jendela Group Policyàklik user configurationàAdministrative templateàWindows componentsàWindows exploreràcari menu “Remove the Folder Options menu item from the tools menu”
 Double-klik lalu pilih disableàOK, maka Folder Optionsnya sudah muncul kembali, dan untuk menyembunyikan lagi pilih “Enabled” pada menu ini.
 2. Menyembunyikan Drive
 Hal ini dapat dilakukan dengan maksud orang lain tidak bisa akses data komputer anda Ikutilah langkah berikut.
 Klik StartàRun, ketikkan “regedit”àEnteràpada jendela Registry Editoràpilih tabàHKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Exploreràpada jendela sebelah kanan klik-kanan di tempat kosongàNewàDWORD Valueàberi nama value ini dengan ” NoDrives” lalu–àDobel klik NoDrivesàpada “Base”(type data) Pilih “Decimal” (defaultnya “hexadecimal”) àlalu isi Value data dengan Nilai Drive yang akan di sembunyikan , Dibawah ini adalah data nama Drive dan nilainya untuk anda isikan.
 (Abjad=Drive, Numerik=Nilai)
 A: 1, B: 2, C: 4, D: 8, E: 16, F: 32, G: 64, H: 128, I: 256, J: 512, K: 1024, L: 2048, M: 4096,
 N: 8192, O: 16384, P: 32768, Q: 65536, R: 131072, S: 262144, T: 524288, U: 1048576, V: 2097152,
 W: 4194304, X: 8388608, Y: 16777216, Z: 33554432, ALL: 67108863.
 Untuk memunculkan folder “Drive” kembali, caranya:
     Klik Startà Runàketik “gpedit.msc”àpada jendela Group Policyàklik user configurationàadministrativ templateàWindows componentsàwindows exploreràcari menu ” hide these specified drives in My Computer” Doble-klik àpilih “Disabled” maka Drive akan muncul kembali…dan untuk menyembunyikan lagi pilih “Enabled” pada menu ini.
Sebagai tambahan saya berikan 2 buah software pembantu jika anda malas utak-atik Registry yaitu “Folder Lock” dan “Wincripto” untuk anda Download, “Folder Lock” adalah Software untuk mengunci File, Folder, dan Drive , sedangkan Wincripto adalah untuk meng-encript file

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer